jump to navigation

Definisi Reksa dana di Indonesia II January 14, 2008

Posted by esemelekete in keuangan.
trackback

Originally Posted by blue_sys
dari bacaan halaman 1 sepertinya menarik..
untuk para senior mohon bantuannya..
reksadana itu apa?dan cara invest nya bagaimana?reksadana di putar dimana..
terus dari top 10 reksadana itu minimal investnya berapa??dan returnya yang dimaksud diatas itu merupakan return rill?apakah ada resikonya..??
mohon informasinya yah senior?
maap yah pertanyaan banyak bener..maklum newbie dalam hal ini…

makasiiiy
Quote:
Originally Posted by Goldmediator View Post
Ok, gw akan coba menjawabnya:
1. Reksadana itu sekumpulan dana yg ditradingkan dibursa saham oleh Manajer Investasi.
2. Cara invest dengan menghubungi perusahaan yang menawarkan reksadana tersebut, misalnya di Trimegah.
3. Minimal investasinya bervariasi antara 250 ribu – s/d miliard.
4. Return Riil.
5. Ada resikonya.


semoga membantu
tambahin ya bro

1. REKSADANA
Reksa Dana sendiri muncul karena umumnya pemodal merasa kesulitan untuk melakukan investasi sendiri pada surat surat berharga diatas,. Kesulitannya dapat berupa perlunya waktu , tenaga dan informasi untuk melakukan berbagai analisa dan memonitor kondisi pasar secara terus menerus dan juga dana relatif besar untuk dapat melakukan investasi pada surat-surat berharga. Karena itu reksa dana akhir-akhir ini mengalami booming karena memang berinvestasi di reksa dana banyak membawa keuntungan.

Keuntungan dari Reksa Dana :

Ø Akses kepada instrumen investasi yang sulit untuk dilakukan sendiri ( saham, obligasi dan instrumen lainya).

Ø Pengelolaan investasi secara profesional oleh manajer investasi serta administrasi investasi yang dilakukan oleh bank kustodian, dengan demikian investor terbebas dari pekerjaan menganalisa, memonitor serta pekerjaan administrasi lainya.

Ø Diversifikasi investasi secara otomatis, dengan penggelolaan portfolio investasi oleh reksa dana maka dana investor juga otomatis terdiversifikasi

Ø Hasil investasi di reksa dana bukan merupakan objek pajak, karena kewajiban pajak sudah di penuhi oleh reksa dana,

Ø Sampai saat ini kupon dari obligasi bukan merupakan objek pajak .

Ø Likuiditas yang tinggi, unit penyertaan (satuan investasi dalam reksa dana) dapat dibeli dan dicairkan setiap hari bursa melalui manajer investasi.

Ø Dana awal untuk investasi relatif kecil , mulai dengan Rp 200.000 ,- sudah dapat berinvestasi dan mendapatkan semua manfaat diatas.

Manfaat reksa dana sendiri tidak hanya bagi investor individu, investor institusi seperti Dana Pensiun, Bank, perusahaan asuransi dan lembaga lainya yang memiliki dana investasi dapat melakukan diversifikasi secara mudah melalui reksa dana.

Reksa dana juga bermanfaat tidak hanya bagi investor tapi juga ke banyak pihak seperti emiten, pemerintah maupun perusahaan yang memerlukan dana investasi melalui penerbitan surat berharga, dengan reksa dana sumber dana investasi dapat menjangkau investor individu secara luas, sehingga dapat serkumpul dana yang lebih besar.

2. cara invest nya
bisa beli lewat agen bisa juga langsung ke penerbit.
http://www.bisnis.com

3.reksadana di putar dimana
mayoritas di saham, obligasi, deposito, valas, dll

4. minimum penempatan
gak jauh kayak deposito rentang 250.ribu hingga milliaran

5.returnnya
real kalo udah di cairkan, umumnya h+3 sd h+5

6.resiko
pasti ada. mirip ama saham / dollar. beli di harga berapa, jualnya di harga berapa gitu……….
sumber : http://www.kaskus.us

Comments»

1. puk dolah - March 7, 2008

acong yang bener caranya kasi tau basoooong…….. kamu amak ecek

2. esemelekete - March 10, 2008

…??? rak mudeng omongan cocotmu doel… rep njaluk tak bacok ndasmu po piye..?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: