jump to navigation

Kelebihan dan keuntungan Reksadana dan jenis2 nya January 14, 2008

Posted by esemelekete in keuangan.
trackback

REKSA DANA INDONESIA

Artikel Dasar-dasar Investasi secara ringkas telah membawa kita ke dunia investasi,. Dari beberapa alternatif instrumen investasi yang telah diuraikan maka artikel kali ini membahas lebih jauh tentang reksa dana.

Berdasarkan definisinya Reksa Dana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana masyarakat pemodal yang untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portfolio Efek oleh manajer investasi. Portfolio Efek dari Reksa dapat berupa berbagai macam instrumen surat berharga seperti saham, obligasi , instrumen pasar uang atau campuran dari instrumen-instrumen diatas.

Mengapa investasi reksa dana dalam bentuk portofolio Efek ? Di dalam investasi ada pepatah yang mengatakan “ Jangan menaruh semua telur dalam 1 keranjang” artinya untuk meminimalisasi kerugian dan mengoptimalkan keuntungan perlu dilakukan diversifikasi. Agar bila terjadi kerugian semua modal kita tidak hanya terpusat pada 1 bidang saja, hingga menderita kerugian maksimal,. Sebagai akibat dari diversifikasi ini kita akan mengelola beberapa jenis instrumen seperti saham, obligasi , deposito dan uang kas ,.

Reksa Dana sendiri muncul karena umumnya pemodal merasa kesulitan untuk melakukan investasi sendiri pada surat surat berharga diatas,. Kesulitannya dapat berupa perlunya waktu , tenaga dan informasi untuk melakukan berbagai analisa dan memonitor kondisi pasar secara terus menerus dan juga dana relatif besar untuk dapat melakukan investasi pada surat-surat berharga. Karena itu reksa dana akhir-akhir ini mengalami booming karena memang berinvestasi di reksa dana banyak membawa keuntungan.

Keuntungan dari Reksa Dana :

Ø Akses kepada instrumen investasi yang sulit untuk dilakukan sendiri ( saham, obligasi dan instrumen lainya).

Ø Pengelolaan investasi secara profesional oleh manajer investasi serta administrasi investasi yang dilakukan oleh bank kustodian, dengan demikian investor terbebas dari pekerjaan menganalisa, memonitor serta pekerjaan administrasi lainya.

Ø Diversifikasi investasi secara otomatis, dengan penggelolaan portfolio investasi oleh reksa dana maka dana investor juga otomatis terdiversifikasi

Ø Hasil investasi di reksa dana bukan merupakan objek pajak, karena kewajiban pajak sudah di penuhi oleh reksa dana,

Ø Sampai saat ini kupon dari obligasi bukan merupakan objek pajak .

Ø Likuiditas yang tinggi, unit penyertaan (satuan investasi dalam reksa dana) dapat dibeli dan dicairkan setiap hari bursa melalui manajer investasi.

Ø Dana awal untuk investasi relatif kecil , mulai dengan Rp 200.000 ,- sudah dapat berinvestasi dan mendapatkan semua manfaat diatas.

Manfaat reksa dana sendiri tidak hanya bagi investor individu, investor institusi seperti Dana Pensiun, Bank, perusahaan asuransi dan lembaga lainya yang memiliki dana investasi dapat melakukan diversifikasi secara mudah melalui reksa dana.

Reksa dana juga bermanfaat tidak hanya bagi investor tapi juga ke banyak pihak seperti emiten, pemerintah maupun perusahaan yang memerlukan dana investasi melalui penerbitan surat berharga, dengan reksa dana sumber dana investasi dapat menjangkau investor individu secara luas, sehingga dapat serkumpul dana yang lebih besar.

Jenis Jenis Reksa Dana

Berdasarkan bentuk hukumnya, reksadana dapat dibagi menjadi 2, yaitu :

1. Reksadana berbentuk perseroan

Adalah emiten yang kegiatan usahanya menghimpun dana dengan menjual saham melalui penawaran perdana (IPO) dan selanjutnya dana dari penjualan saham tersebut diinvestasikan pada berbagai jenis Efek yang diperdagangkan di pasar uang dan pasar modal (portfolio investasi).

Berdasarkan sifat proses jual-beli saham, maka reksadana yang berbentuk perseroan ini dapat dibedakan atas 2 jenis yaitu :

1a. Reksadana terbuka ( open-end investment company )

Reksadana terbuka berarti bahwa reksa dana tersebut memberi kemungkinan bagi pemodal untuk membeli saham dari reksa dana dan dapat menjual kembali kepada reksadana tanpa dibatasi jumlah saham yang diterbitkan.

1b. Reksadana tertutup ( close-end investment company )

Reksadana tertutup adalah reksadana yang dapat menawarkan dananya kepada masyarakat pemodal. Proses jual beli saham hanya dapat dilakukan di bursa Efek tempat saham reksa dana tersebut tercatat.

2. Reksadana berbentuk KIK ( Kontrak Investasi Kolektif )

KIK adalah kontrak antara manajer investasi dan bank kustodian yang mengikat pemegang unit penyertaan dimana manajer investasi diberi wewenang untuk mengelola portofolio investasi kolektif dan bank kustodian diberi wewenang untuk melaksanakan penitipan kolektif.

Fungsi kontrak KIK mirip dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga dalam suatu perusahaan. KIK mengatur tugas dan tanggung jawab masing-masing Pihak, tujuan dan jenis investasi yang akan dilakukan, tata-cara transaksi, biaya-biaya, hak pemegang Unit Penyertaan (UP) dan aturan lain yang menyangkut pengelolaan reksa dana.

Reksadana KIK tidak menerbitkan saham tetapi menerbitkan Unit Penyertaan (UP) sampai sejumlah yang ditetapkan dalam Anggaran Dasar.

Masyarakat yang membeli unit penyertaan reksa dana akan mendapat tanda bukti berupa surat konfirmasi pembelian dari bank kustodian.

Berdasarkan instrumen investasi-nya, reksa dana dibagi menjadi :

1. Reksadana Pasar Uang

2. Reksadana Pendapatan Tetap

3. Reksadana Saham

4. Reksadana Campuran

1. Reksadana Pasar Uang (RDPU)

Adalah Reksadana yang melakukan investasi 100% pada Efek Pasar Uang.

Apakah Efek Pasar Uang itu ?

• Efek pasar uang sendiri didefinisikan sebagai Efek-efek hutang yang berjangka kurang dari satu tahun seperti deposito, SBI, Efek hutang lainnya atau obligasi dengan jatuh tempo kurang dari satu tahun.

• Merupakan reksa dana dengan tingkat resiko relatif paling rendah namun potensi keuntungannya juga terbatas.

• Reksadana ini sangat cocok untuk investasi jangka pendek (kurang dari satu tahun), sebagai pelengkap deposito atau tabungan yang sudah ada.

• Reksadana pasar uang tidak menerapkan biaya pembelian dan biaya penjualan kembali.

• Selain itu NAB per Unit Penyertaan dari RDPU selalu Rp. 1,000,- setiap hari. Bukan berarti investor tidak mendapatkan hasil investasi, tetapi hasil investasi RDPU dibagikan setiap hari dalam bentuk tambahan Unit Penyertaan yang dilaporkan oleh Bank Kustodian setiap akhir bulan.

2. Reksadana Pendapatan Tetap

Reksadana Pendapatan Tetap ( RDPT ) adalah reksadana yang melakukan investasi sekurang-kurangnya 80% dari portofolio yang dikelolanya ke Efek bersifat hutang.

* RDPT cocok untuk tujuan investasi jangka menengah dan panjang ( 1 – 3 tahun ) dengan resiko rendah hingga menengah.

* Potensi hasil yang bisa diharapkan relatif lebih besar daripada tabungan atau deposito ataupun reksa dana pasar uang.

* Ada sebagian RDPT yang memberikan pembagian keuntungan berupa uang tunai (deviden) yang dibayarkan secara berkala, misalnya 6 bulanan atau tahunan.

3. Reksadana Saham (RDS)

Reksadana Saham adalah reksadana yang melakukan investasi sekurang-kurangnya 80% dari portofolio yang dikelolanya ke Efek bersifat ekuitas ( saham ).

* Dibandingkan dengan RDPU dan RDPT, RDS memberikan potensi pertumbuhan nilai investasi yang lebih besar, demikian juga resikonya.

* RDS cocok untuk tujuan investasi jangka panjang ( > 3 tahun ).

4. Reksadana Campuran (RDC)

Reksadana Campuran dapat melakukan investasinya ke Efek ekuitas dan Efek hutang yang perbandingan alokasinya tidak termasuk dalam kategori RDPT dan RDS.

* Potensi hasil dan resiko RDC secara teoritis dapat berada ditengah-tengah antara RDPT dan RDS, sehingga investor yang kurang berani menerima resiko yang terlalu besar namun ingin memperoleh hasil yang “sedikit lebih besar” dapat memilih RDC.

MANAGER INVESTASI

Manajer investasi adalah perusahaan yang mengelola dana yang terkumpul dari reksa dana,. Manajer investasi bertanggung jawab atas kegiatan investasi, yang meliputi analisa dan pemilihan jenis investasi, mengambil keputusan – keputusan investasi, memonitor pasar investasi dan melakukan tindakan-tindakan yang dibutuhkan oleh investor. Untuk melakukan usahanya perusahaan manajer investasi harus memperoleh ijin dari Bapepam,. Untuk jasa yang ditawarkannya ini manajer investasi memungut biaya yang disebut management fee dan terkadang entry fee serta exit fee.

————————-
credit to Devanization

sumber : http://www.kaskus.us

About these ads

Comments»

1. Herdi Rahayu - January 31, 2008

Thanx banget atas infonya…

2. agung soedewo - March 17, 2008

mbok saya dikirimi infonya

3. Saiful Adi - April 8, 2008

ada informasi ga ya step by step gmn memulai berinvestasi di reksa dana

daftar dmn?tranfer kmn?gmn ngelihat perjlnn investasi kt?…
n so on…

4. ndesosedici - April 8, 2008

mm nanti saya cariin no telpunnya mas… saya gampang kok daftarnya dulu….

5. Ghofur - December 6, 2010

Klo daftar reksadana dimana ya?Trus bank2 besar macam bca n mandiri ada réksadanä gak ya?

6. Asri - vpnku.com - January 3, 2011

Klo mau daftar reksadana bisa menghubungi bank2 lokal. Seperti Mandiri dsb.

7. edo - January 7, 2011

Buat yang nyari information RD, bisa datang ke Commonwealth Bank. Disana banyak dijual RD, modal awal cuma 500rb saja

8. tedi - January 30, 2011

maksud modal awal 200rb?
cm sekali aja modalnya?
atau hrs kontinyu?
skrg sy ada d garut, berarti hrs k bdg?

9. eka putra - February 17, 2011

maksud modal awal 200rb?
cm sekali aja modalnya?
atau hrs kontinyu?

tolong jawabannya ke email saya:eka_putra62@ymail.com

10. sugiyatno - February 27, 2011

Frekuensi pembayarannya tiap bulan atau bisa tidak tetap??
Tolong kasih tahu step step bergabung.
Terimakasih

11. Anonymous - September 25, 2011

gud gud,,


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: