jump to navigation

Awas Hati hati Penipuan Terselubung di ITC Cempaka Mas December 6, 2007

Posted by esemelekete in liputan 5.
trackback

Liputan 5, Cempaka Mas – Jakarta
Praktek Kotor Pedagang ITC cempaka Mas

berikut pengakuan seorang koresponden liputan 5 dari rawasari jakarta.

saya kesal sekali dengan tentang tehnik kotor pedagang di pusat grosir semacam ITC cempaka mas dan lain lain (beberapa teman saya pernah mengalami di ITC lain) dalam menjual barang..

modusnya adalah dengan cara.. membujuk pembeli yang lengah dan kurang informasi dengan barang yang lebih mahal sedikit dengan tipu daya bahwa barang itu lebih bagus. tapi ternyata barang itu harganya jauh di bawah.

begini pengalaman saya :

saya mau share, saya sakit ati banget kena getok beli barang 2 juta..
buat kalian biar gak ketipu (kena getok) mendingan cek harga dulu di internet kalo mau belanja..
gini ceritanya.. saya waktu itu lagi jalan ma kakak saya di ITC Cempaka mas.. kakak saya mau cari handycam.. setelah nemu toko nama tokonya “FOCUS” ((saya rekomendasi jangan beli disitu) kakak saya nanya2… dia beli handycam panasonic type NV GS60..harga 3,1 tadinya kakak saya dah mau beli sony yang harganya dia dah tahu.. sekitar 2,8 tapi ma yang punya toko di bujuk mulu biar beli yang panasonic… dengan bujukan kalo panasonic lebih inilah itulah.. terus saya beli lensa tamron yang tele macro… harga 2,3 padahal tadinya saya dah mau beli lensa canon.. tapi ma dia dibujuk buat beli tamron.. saya percaya aja emang harganya segitu. dan karena lebih mahal sedikit saya pikir pasti akan lebih bagus……tapi begitu sampe rumah saya telpun2an ma temen saya.. saya di gobok2in dia bilang saya kena getok.. tuh toko kasih harga keterlaluan dia bilang.. soalnya dia baru beli handycam panasonic harganya cuma 2,2.. wah gila kakak saya kena getok 9 ratus ribu….. nha giliran saya.. saya coba nanya temen harga lensa tamron punya saya.. dan gila,, harganya cuma 1,3.. buset saya kena getok mentah mentah 1 juta….
saya barusan telpun tokonya saya minta duwit saya balik tapi dia bilang gak bisa.. saya bener2 emosi tapi saya juga gak tahu musti ngapain.. saya bener2 sakit ati beli di toko tersebut..

so buat kalian hati2 kalo beli elektronik di mall.. saran saya malah kalo bisa kalo beli elektronik jangan di counter2 kek di mall gitu.. kalopun mau beli kalian musti yakin dulu ma harganya dan dah crosscheck ke beberapa tempat sebelumnya.. dan jangan pernah beli barang tanpa data… beberapa temen saya ternyata juga pernah ngalamin hal sama waktu beli tivi dll
dah gitu kalo bisa sebelum beli barang liat dulu di internet dll.. jangan sampe kena getok kayak saya gini buset sakit ati banget saya kena getok ampir 2 juta.. gak tanggung2 ambil untungnya… parah tuh toko…
sekali lagi saya kapok dan ambil pelajaran berharga dan mahal dari pengalaman ini…. semoga pengalaman saya bisa buat jadi early warning buat yang mau belanja di manapun..

beberapa teman saya juga pernah mengalami.. modusnya sama.. menawarkan produk dengan menjelek2an produk yang pembeli mau beli.. dengan harga lebih mahal sedikit.. namun sebenernya harga asli barang yang dia tawarkan jauh lebih murah, sehingga si penjual kotor ini bisa dapat untung buesar.

terimakasih semoga bisa jadi wacana buat para pembeli agar tidak terkena jebakan tekhnik jualan kotor semacam ini..

btw kejadian yang menimpa temen2 saya rata2 di ITC cempaka mas terutama di lantai 4 (jual elektronik) tapi gak sedikit yang di lantai lain atau di ITC selain cempaka mas. maka dari itu ada baiknya selalu waspada dan jangan mudah terbujuk pedagang kotor semacam itu.

terimakasih
ini kartu nama penjual kotor tersebut

sekian reporter liputan 5 melaporkan dari studio

About these ads

Comments»

1. wong - July 17, 2008

njrit gw juga HAMPIR ketiupu sama toko focus di harco gila tu toko jual barang BM dibilang garansi resmi sumpah jangan beli apa-apa disitu..untung duit gw blo ditransfer jadi masi bisa batal heeh.. btw turut berduka sama apa yang terjadi sama bro moga2 ga keulang lagi..

2. esemelekete - July 18, 2008

wah halo bro.. semoga jangan ada yang terulang lagi ya… :( itu toko bahaya tuh… jangan belanja di sana deh mendingan…

3. Kusmana - August 13, 2008

1. Kalo saya pernah di toko Handphone Lt 4 … saya minta barang baru (HP CDMA) tapi dikasih yg second … (kardus + dll komplit). Tapi besoknya langsung saya minta balikin duitnya dan hp dikembalikan karena merasa dibohongin. Karyawannya bilang Boss nya lagi ngga ada tapi saya minta dia hubungi ke Bossnya .. saya bilang kekecewaan saya so akhirnya duit bisa dikembalikan 95%. Alhamdulillah.

2. Di toko Zoom Lt 4 ITC Cempaka Mas juga hrs hati-hati karena waktu saya beli handycam Sony hampir 10 barang yang se-type ada aja yang scratch. Gimana qualitynya dari pabrik ? Yg pasti itu reject-an.Akhirnya ada 1 yg bener2 ok (hampir 1,5 jam check fitur dan quality yang saya beli).

Tips beli barang elektronik (mungkin semua barang perlakuaannya sama) :
1. Check dan tulis di selembar kertas type, merk dan harga dari produsen via internet (berapa hrg retail resminya).
2. Check kualitas barang karena penjual umumnya tidak kasih tahu bagian mana yang sctrach/dented/ kelemahannya.
3. Jangan tergesa untuk dealing (jangan mudah percaya yg dikatakan salesnya).

4. jabet - October 14, 2008

Bukan hanya di ITC Cempaka Mas, Di depok juga sama tokonya namanya Toko Focus Elektronik di lantai 2 Blok A No 142-143 ITC Depok, kejadiannya mirip yang di Cempaka Mas, buktikan sendiri di sini kronologinya http://itcdepok.webs.com . Hati2 kalo mau beli barang elektonik kita sebagai konsumen jangan mau dirugikan karena kita tidak tahu harga pasarannya.

5. DEEBY - November 18, 2008

JANGAN BELI DI FOCUS ELEKTRONIK!!!BIKIN KANTONG BOLONG…BARANGNYA BO’ONG!!!

6. bijigatel - January 29, 2009

bos bos kalo transaksi yah mestinya dari pertamax dapet harga terbaik dulu donk.kalo harga deal jangan salahkan penjualnya.kalo dia jual barang rusak baru kita komplain.penjualnya mau jual harga berapa itu terserah mereka.sah2 saja mereka mau untung berapa.coba anda yang jadi penjual,trus pembeli komplain ke anda karena harga mahal?
ck ck ck.

7. Caroline - March 30, 2009

thanks yah for sharing. gw sering banget ke ITC cempaka soalnya… gotta be careful next time gw kesana untuk beli barang elektronik kalo gitu..

8. rps - April 11, 2009

Monyeeeeeeeettt….. sumpeh dah, gue ngalamin yang lebih parah TOKO FOCUS TAIIIII…. GUE ANCURIN dah tuh toko…. ASUUUUUU

9. rps - April 11, 2009

kita laporin ke polisi aja apa

10. vic - May 8, 2009

jgn salahin penjualnya donk, dia khan bebas mo ngasi harga brppun.. kecuali barang yg dijual palsu atau rusak.. klo barangnya OK, trus si pembeli udah deal dengan harga yg ditawarkan ma si penjual, ya ga ada yg salah.. Cuma mungkin yg harus dijadikan pelajaran yaitu tadi, klo mo beli sesuatu cari2 informasi dulu tentang barang yg mau dibeli, trus pada saat mau beli jgn terpaku pd 1 toko, coba kelilingin dulu toko2 yg ada disitu..

11. m3t - May 18, 2009

hai salam kenal,

gw stuju banget sama tulisan di blog ini. sebaiknya jan beli barang elektronik di toko2 di mal semacem ITC dll, mending beli di dealer resmi, dan ada baiknya kita cek2 dulu harganya sblm membeli. tanya sebanyak2nya harga pasaran barang itu berapa.

gw mo sekedar ksh tau aja, kemaren gw baru beli digital kamera Nikon S220 di Toko ZOOM dan ternyata harganya SANGAT KEMAHALAN setelah gw cek di toko2 lain. emang gw salah juga sih ga cek2 harga dulu, tapi yg jual ngeyakinin banget kalo tuh kamera bagus setelah gw bingung memili-milih kamera. gw BT banget karena selisih harganya cukup jauh (+/- 700 rb). setelah gw cek2 di forum kamera digital ternyata ga cuma gw doank yang kena tipu oleh Toko Zoom itu,byk korban lain yg bernasib serupa juga (bisa baca di: http://www.kamera-digital.com/forum/viewtopic.php?TopicID=13907&page=0).

Cuma mo saranin,kalo bisa jgn beli dari Toko ZOOM ini. ada baiknya seblm membeli barang elektronik, teliti dulu harganya, krn buat pembeli yang ga tau harga, penjual bisa seenaknya ngasih harga jauh di atas harga pasaran..emang kita ga bisa salahin penjualnya juga sih.

Thanks udh boleh curhat di blog ini.

12. Floren - May 30, 2009

Syukurlah, dgn berita seperti ini sy mulai lebih berjaga2 untuk membeli barang2 elektronik di toko seperti itu.
Kalo sy yg diperlakukan seperti itu, sy akan sebarkan berita tersebut melalui koran, biar semua org tau dan lebih berhati2.
Terimakasih.

13. Metta - June 7, 2009

AStaga! Ati2 donk makannya. Kalo mau beli barang dimana2 mesti liat2 dulu. Cari tau dulu harga barangnya, trus baru tawar2. Kalo digojok2 untuk beli merk laen jangan deh mendingan, apalagi barang ga bermerk (merk korea/cina).
Atau, saya saranin, musti berani nawar. Toko2 di tempat macem itc berani nawarin harga hampir 2X lipat tempat laen karena mereka assume pelanggan bakal nawar2. Jadi jangan takut buat nawar harga sampai 1/2 harga yg ditawarkan atau bahkan lebih, biar ngga kegetok. Trus saran saya yg lainnya: jangan nafsu. Kalo ngga cocok sama harga di satu toko, tinggalin aja tu toko. Seringnya lo ditahan2 atau dikasih harga murahan tapi mending loe cari2 tau dulu harga ditoko2 laen disekitarnya.

14. bay - June 20, 2009

List Penipu Penjual Hape BM::
1.Adi Wijaya : 08988991659 (kaki tangan Raditya)
2.Eddy Gunawan : 08993471115
(BIasanya Make Rekening Bukan Namanya Dia,
Terkhir Make A/n: Cyndie Anjelina H, Rek Bank Permata No 410024070)
3.Irwan : 0898972834
(Make rekening Lippo Bank 54710170900)
4.Satya Raditya Rantas : 081310200989
(Ngakunya Dari Kasilog Bea dan Cukai Pelindo 4 Otorita Batam Dok C Lat 2,Nagoya Batam)
(No rek Permata 4101209372)
Mohon Berhati hati terhadap orang2 tersebut diatas..setelah kita transfer tiba2 mereka menghilang/tidak membalas telp kita/sms
kalau sudah tertangkap mohon kabari saya di 081805695173/yudha..
Tak bantuin nggebukin….

15. O_m@n - June 25, 2009

Bener banget tuh…pengalaman juga, karena butuh cepet jadi ketipu….

ceritanya besok kakak mo pergi, minta beliin camdig, akhirnya lari ke itc cempaka mas, malem sebelumnya, liat2, akhirnya berhenti di ZOOM, ya ZOOM. Tanya-tanya, karena ga tau & ga liat perbandingan dulu, akhirnya pilihan jatuh ke camdig Spectra Vertex 505 dengan harga 1,3jt setelah dijelaskan kelebihannya & kekurangan kamera yg laen, dan akhirnya pulang dengan tenang.

Besoknya, liat brosur dari giant, camdig dengan merek Spectra Vertex 505, persis banget, dibandrol dengan 800ribu, gila ketipu 500ribu!!!

Buat temen2…hati2 kalo beli, jangan gampang ketipu omongan manis penjual, apalagi ya itu, di situ… ga bakal beli lagi deh disitu…

16. Anonymous - August 3, 2009

klu bli kmhalan jgn blg tipu donk.g jg pedagang..klu u diposisi yg sm jg psti bgtu…dmn2 pedagang jg mau untg sbesar2nya…

17. asung - August 25, 2009

nama saya kebetulan sama dengan ID / card yang anda PAMPANG DI INTERNET / dunia maya….
CUKUP MEMBUAT SAYA JENGAH…. ORA ENAK BRO/SIS…….
TOLONG YA…..
WALAU MUNGKIN HANYA CURHAT ATAUPUN APA ITU NAMANYA….
TAPI TOLONG LEBIH DIPERHATIKAN TENTANG PEMAMPANGAN NAMA ORANG….
BTW… saya JUGA PEDAGANG….

18. aldy - August 31, 2009

ini jg pelajaran buat pedagang,,, jangan semaunya kasih harga,, untung besar sesaat, tapi akibatnya,,,,

saya yakin setaun kemudian pelanggan nya habis karena kapok ato paling jelas ga bakal ke toko itu lagi ,,,then gulung tiker

mampusss…. makan tuh keringet orangg

19. mori - September 27, 2009

ane juga 2 kali beli di toko yang “mirip” kayak gitu

pertama beli panasonic lumix fz8 tadinya saya mau beli fuji yang harganya 2,9 ehhh ditawarin panasonic itu harganya 3,8 yaudah saya mau aja lagi gratis tas memori 1gb sandisk ehh pas ane check di bhinneka harganya 3,8 tanpa tas nahhhh ane untung dong hehehehehe

yang kedua ane beli nikon L18 tmemang dari rumah niat beli itu n di tawarin ama tokonya yang macem macem samsung lah sampe JENOPTIK juga terusnya ane tetep pada pendirian ehh katanya ati – ati lho pake nikon L18 ntar lama – lama lcdnya jadi warna jingga eits ane gak begitu aja percaya ane tetep beli itu alhamdulilah ane gak ketipu lagi hehehehehe

20. William - November 10, 2009

Tips dari saya supaya jangan ada lagi yang tertipu ;
1. Jangan langsung membeli/menawar, ataupun terjebak untuk menawar di satu toko, keliling dan cek dulu harganya.
2. Jangan tergiur oleh harga yang murah, cek dulu kondisi barang dan kelengkapan serta garansinya (resmi, importir, atau toko), saran saya beli yang resmi walaupun lebih mahal.
3. Jangan mudah terjebak oleh rayuan dan promosi dari pedagang.
4. Bekali diri kita dengan informasi yang cukup, tentang barang yang akan kita beli, terutama tentang harga, selanjutnya kelebihan dan kekurangan barang tersebut.
5. Sebaiknya kita membeli dari pedagang yang benar2 memiliki pengetahuan yang baik dan luas tentang barang yang dijual.
6. Carilah seorang pedagang yang bisa dijadikan teman sekaligus kita jadikan langganan tetap yang bisa kita percaya, dengan azas saling menguntungkan.
7. Jangan beli ditempat lain selain di tempat langganan tetap kita, meskipun ada yang menawarkan harga lebih murah yang tidak beda jauh dari langganan kita.

BTW gue seorang pedagang di Harco Glodok, jadi gue tau betul seluk beluk elektronik, dan cara cara jualan para pedagang yang licik.
Jika ada yang butuh informasi tentang barang ataupun harga dari elektronik yang akan dibeli, jangan sungkan untuk bertanya ke 021-92357910 dengan William Joe,.. Semoga saya bisa membantai… Eh salah… maksud saya membantu…

21. rony - November 30, 2009

Guys, turut berduka cita…

Sebagai informasi kejadian ini sebenarnya modus yg sudah lama dipakai oleh pedagang2 di LUCKY PLAZA singapore. Pengalaman waktu mau beli kamera, mereka lebih pinter lagi, setelah deal dengan harga murah, tiba2 menawarkan barang lain yg seolah lebih canggih dengan demo langsung. Untungnya saya memang selalu baca2 dulu review majalah dan web jadi tetep focus ke produk semula, begitu saya tetap mau barang pertama, tiba2 dia bilang stock baru habis, tinggal barang pajangan itu.

salam

22. Apri - December 11, 2009

Dear Bro,

sama juga nasibnya, cuman g belinya alat kesehatan (tensi meter elektronik gitu) di glodok nama Tokonya Sumber Baru.
maunya beli yang terkenal merek Omron, eh akhirnya ditawarin merek yang ga terkenal, bilangnya sih dari swiss (buka harga 800rb) barang lebih baguslah, itulah, inilah dll, dan harga lebih mahal 200rban dari merek Omron.
ternyata setelah dicek harga di toko sebelah cuman 300rban.
2 hari lagi balik kesana (kelewat sehari karena minggu, jadi tutup) dan minta tuker, tacik yang jualan ngotot ga mau karena bilangnya kalo udah dites udah ga bisa balik (ampe adik gua ngomong ama dia hampir 1 jam, tetap aja dia ngga mau dan sampe adik gua di cuekin.)
g bilang ke adik gua, percuma loe bacot ampe muntah darah juga dia udah ngga mau denger.
lain kali udah ga mau beli di toko itu lagi, gilaa… ambil untung 400rb, btw, nama toko nya Sumber Baru.. di glodok sana.
moga moga aja yg jual kagak kena penyakit darah tinggi, biar pakai tuh alat seumur hidup…
s*alan… ambil untung sampe gorok leher orang gitu,
btw cuman buat share aja, siapa tahu ada yg mau beli alat tensi, mendingan beli omron, udah ga usah merk yang macem2, resiko gede…..
thanks bro.

23. tamsil - April 12, 2010

Pengalaman berharga banget tuh bozz.
Saya mau kasih rekomendasi aja.

Utk elektronik, pertama2 cek harga di care4 baru cek di:
1. Toko Senen Elektronik, di mall atrium senen lt. basement
2. Toko Adi Jaya, di belakang plaza pinangsia Glodok.
Harga dua toko ini paling muraaaaaahh (garansi resmi). dijamin.

Utk kamera,
1. Jpc di kemang. klik jpckemang.com
2. Aneka di pasar baru
3. toko camzone di itc fatmawati, klik tokocamzone.com
dari ke3 toko tsb beda2 barang yang lebih murah.

Maaf ya no tlp ga ada. mudah2an bisa jadi rekomendasi teman-teman semua.

24. gloria - April 21, 2010

saya juga pernah mengalami yang seperti ini.
Saya ketipu sekitar 600 ribu.
Di internet harganya 2.2-2.4, padahal di toko itu 2.8.
dalilnya dan caranya bener2 sama..
Waktu itu aku beli di Toko di Mall mangga 2

Syukurnya waktu sadar saya ketipu, saya telpon dan marah2 ke mereka.
trus saya ancam sebarin ke internet… jadilag dia balikin duitku 300rb.. ya gpplah, dari pada gk sama sekali

25. yangky.hazr - June 11, 2010

Ass.wr.wb
Kalo sy cmn bsa berdoa semoga Tuhan membukakan mata hati mereka yg suka nipu sesama manusia. Cari rejeki tpi jangan sampai menyakiti orang lain/pembeli. Tuhan sudah memberi jatah rejeki kepada setiap manusia. Hanya saja banyak manusia yang tidak mensyukuri atas nikmat yg diberikanNya.
Sy bukan mo kotbah tpi saling mengingatkan. tq.
Wassalam wr wb.

26. rookie - August 18, 2010

wah, makasih infonya.. saya sedang cari CamDig dan niat mau beli di ITC Cempaka Mas. setelah lihat artikel ini jadi ogah beli di sana. buat bro & Sis yang jadi korban, setelah “dikerjain” mudah2an rezekinya nambah banyak. ehehehehe.. buat Bro Tamsil makasih juga infonya. dari review harga dan review tempat yang saya dapet di salah satu blog, toko camzone jadi pilihan saya.. kamsiah, kamsiah.. :D

27. zay's - August 25, 2010

baru saja terjadi terhadap saya i toko zoom dusit mangga 2. beli fuji s 2500 hd minta garansi resmi, malah dikasih garansi toko. n salahnya baru ngeh di rumah. padahal bedanya 200 rebu, tapi tuh duit hasil keringet gw.

28. arines - September 11, 2010

makasih infonya ya bos

29. benci orang cina - October 8, 2010

pasti pedaganganya orang cina yah…

orang2 cina di Indonesia emang bangsat semua…

30. Eano - October 9, 2010

Biar Bro, mrk makan duit sial…..

31. Sahid - October 12, 2010

Ngak bisa gitu dong, kalau jualan itu harus bener, barang bagus ya dibilang bagus, barang jelek ya dibilang jelek, ngak boleh dong kasih harga semaunya. itu namanya penipuan, naikin harga semaunya, sebagai orang awam kita hanya tahu harga sama penjual, kalau dagang itu yang jujur biar langgeng tokonya.

32. Gw yang ketipu - October 18, 2010

Emang gila semua penjual – penjual di ITC Cempaka Mas, emang gk semua penipu tapi 85 % penipu. Mw untung banyak dgn cara tipu… Gw juga pernah kena tipu nich, blum lama gw beli hp BB Gemini katanya sich hpnya bagus, gw jua udh gk cek – cek lagi karna waktu itu gw blinya udh malam jadi udh mw tutup tokonya…Eh, sampe dirumah ternyata barangnya bermasalah sering hang trus suaranya sering hilang. Trus gw dtgin tokonya minta diganti hpnya, eh,,,mereka bilg gk ada stok lagi, gw bilg balikin uang gw, eh mw dipotong harganya…Gw kesel banget, ampe berantem ma penjualnya, pokoknya gw mw lapor polisi aja biar tukang tipu itu ditangkap, MAMPUS deh! Nama tokonya MAXI lantai 4 ITC Cempaka Mas…

33. maul - November 9, 2010

parrraaaaaaaaahhhhhhhh….
Brarti gu harus ati2,
cz gu mau beli laptop di itc cemp.mass…
Agan2 ada yg punya rkmndasi ga???
Spya ane kaga ngalamin yg ky gtu,
thx infonya gan, sangat membantu..
:i)

34. Yung yung - December 3, 2010

Menanggapi postingan ke 29..

yang anda maksud orang cina itu.. pasti orang cina pendatang yang dari bangka,palembang,medan,pontianak, belitung,jambi, dll. bahasa mereka pun juga mengunakan bahasa daerah chinese, bukan bahasa international chinese

tolong jangan disamakan mereka dengan kita chinese yang memang dari mulai dtg ke indonesia sudah di jakarta.

kami pun tidak menyukai mereka, mereka merusak pasaran, dan berdagang dengan cara yang sangat sangat tidak baik.

salam

35. harimau kayu - January 1, 2011

Trims bro ….sharing infonya , krn gw juga rencana cari DSLR nikon D300s + lensa nikkor yang harganya puluhan juta …kalo sempat tertipu …bisa mimisan neh hidung . sedang yang harga dibwah 2 juta aja bisa tertipu sampai 40% apalagi yang puluhan juta . sekali lagi thanks warning nya

36. malcolm - January 18, 2011

Setujuuuuuu sama agan2 semua gw juga senasib kena tipu…kupreett emang tuh cina sialan udah numpang di indonesia??? inti ceritanya gw beli camera nikon coolpix ditembak 2.8jt..yg gw tau harganya aslinya 1.3jt..MAMPUSSS GW!! tdnya gw mo ambil sony cybershoot tp disuruhnya nikon itu dengan kapasitas terbaik dr sony cybershoot…
MAKAN TUUH DUIT GW CINA KAMPREEETTT…..

37. rahma - February 9, 2011

kasihan bgt seh….
hehhehehhehehheheheehh????!!!!!!!!

38. hehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehe - February 24, 2011

h

39. Jane - February 28, 2011

@malcolm : kejadian sama persis sama gw, baru hari sabtu kmrin gw kena di toko ( sekalian aza gw sebutin nama tokonya, empeeeet abis gw ma karyawannya ) toko ELEGANT lt 4 blok F/ 438. kmrin gw di getok 2,2jt. well…w ketipu 900rb. gw cuma bisa berdoa semoga toko tersebut TUTUP !!!!. jahat ya gw??? tapi sepertinya dia yang lebih dari penjahat.

40. andhika71 - March 30, 2011

Memang hari-hari beli di cempaka mas. apalagi toko hp-nya penipuan setiap hari dengan berbagai cara akhirnya kita rugi dan terlambat menyesal. hati-hati banget.

41. andhika71 - March 30, 2011

Memang hati-hati beli di cempaka mas. apalagi toko hp-nya penipuan setiap hari dengan berbagai cara akhirnya kita rugi dan terlambat menyesal. hati-hati banget.

42. diana - March 30, 2011

Saya ingatkan jangan beli hp di cempaka mas. dapat dikatakan semuanya mafia.

43. Elmo - May 5, 2011

POKOKNYA JANGAN ADA YANG BELI BARANG APAPUN DI TOKO “ZOOM” ITC CEMPAKA MAS LT 4.

Gwe baru saja ketipu hr Rabu kemarin.Wkt itu gw mw cari digital camera pocket titipan sdr gwe di Jawa.Rencana mw cari Canon ixus .sebelumnya gwe browsing di internet dan ketemu harganya 1.5 juta an.gwe jg cari alamat counter2 Canon seluruh jakarta .karena kantor gwe di cempaka putih ,dengan bekal uang cash 2 jt titipan sdr gwe, gwe putuskan survey harga dulu ke Carefour Cempaka Putih.karena ga ada barangnya gwe lanjutin cari ke ITC Cempaka Mas.celakanya gwe terdampar di toko “Zoom” ya benar….TOKO PENIPU ITU NAMANYA TOKO ZOOM “… .gwe tertarik mampir kesitu karena dari luar tuh toko kelihatan lengkap barangnya.(ternyata sial malah masuk sarang penyamun…)Disitu tetp gwe cari merk Canon.tp dg alasan kualitas Canon sekarang itu ga sebagus merk yg lain, si penjual menawarkan Samsung ES75.Karena gwe awam dg tuh barang maka gwe tlpn sdr gwe yg di jawa itu biar dia nanya langsung ma penjualnya.sdr gwe tuh pengin beli kamera yg bagus dg budget 2 jt an…,Bla bla bla si penjual itu menjelasakan perbandingan merk kamera lewat telepon.akhirnya sdr gwe sepakat buat beli tuh barang.Samsung ES75 dg harga 2.65 jt…,Gwe sempet tawar tp si penjual bilang hrg segitu sudah cukup untuk tambahan memory eksternal 8 Gb.Setelah transaksi berakhir gwe pulang bawa tuh barang.sampai dirumah gwe periksa lg, eh ternyata ada scratch di bodynya.Rencana hr ini gwe mw komplain dan setelah liat2 di internet untuk harga Samsung ES75, ….harganya cmn 1,2 jt……,gile bener harga 1,2 jt di banderol 2.65 jt, 2x lipat lebih…,kalo gwe telpn tokonya dan komplain kira2 mereka mw potong harganya gak ya?atau gwe datengin aja tokonya bawa preman2??? sekali lagi namanya Toko Zoom, kartu namanya atas nama “Amen”, ITC Cempaka Mas Lt. 4 Blok K No. 917

44. Elmo - May 5, 2011

Bos, minta tolong komen gwe diatas didelete aje ye…, tdnya gwe emank emosi bgt krn merasa dikadalin sama toko penjual camera itu,mknya gwe tumpahin uneg2 gwe disini.tp setelah gwe pikir2,itu salah gwe jg krn ga waspada,walaupun bisa dibilang tidak menipu, tp menurut gwe Toko itu keterlaluan banget ngambil marginnya.memanfaatkan kelemahan orang lain untuk kepentingan dirinya.Semoga Alloh mengampuni….

45. Jhonathan - May 13, 2011

wew.. kalo setau saya sih tiko camera itu dari dlulu2 modusnya gitu dhe, ini juga sekedar info, setau saya toko Focus itu kan sama dengan toko Zoom yang ada dimana2 .
hati2 aja kalo membeli barang, jgn liat dari kondisi tokonya, tapi cek dulu harga sebelum membeli. thx

46. Iryadi - June 2, 2011

Hati2 juga beli barang di toko ini ya SG DIGITAL – ITC DEPOK LT.2 BLOK A NO 53/54 MARGONDA RAYA TELP 021 77214431 nama penjual Jacky (081380890633) orang Cina Kalimantan bro/sis

Sekedar info hati2 ya..

47. Ignacia - June 8, 2011

itc cempaka mas memang brengsek dan kacau semua. Ini sebenarnya karena ketidakmampuan dan ketidakperdulian dari pengelola (mungkin namanya Duta Pertiwi). Sebaiknya Oknum yang ada di pengelola saja yang diganti karena mereka tidak becus dan tidak bertanggung jawab mengelola itc cempaka mas. Seperti peruntukan toko tidak pada tempatnya yaitu banyak toko yang menjual makanan dan minuman yang seharusnya di lt 5 (food court). Kasihan ITC Cempaka Mas yang terbesar di Asia Tenggara jadi hancur karena oknum yang ada di Duta Pertiwi. Semoga pemilik bisa segera membenahi dan menindak oknum yang tidak bertanggung jawab tersebut. Saran dan masukan kepada pemilik, demi kemajuan ITC Cempaka Mas. BravSalam

48. imelda - June 28, 2011

gw mw nax,,, apa tokocamzone it memang benar2 ada,,, dn bukn pnipuan? slx gw tkut knp tipu

49. Anonymous - July 17, 2011

toko camzon bener bener ada yang di itc fatmawati ane langganan disitu

50. peha - July 30, 2011

Mau kesel soal kerugian di tipu se sah” aja tapi jangan bawa” ras ato apapun lha. Itu mah masalah personalnya masing”… D luar dari itu banyak koq yang bisa di bilang lebih brengsek lagi. So….next klo mau beli apapun hati” dicek dulu di tempat dan tau harga.

51. denny - August 11, 2011

sama juga dgn aku alami..hampir 2 tahun lalu ditempat ITC cempaka Mas Lantai 4 nama tokonya gak ingat lagi, saat itu aku mau membeli camera digital merk Canon dan brosurnya dari Care4 juga aku sudah bawa dgn harganya aku sudah tau tetapi dengan bujuk rayunya ini dan itu akhirnya si penjual keturunan cina dimenawarkan merk Nikon dgn harga 1,7 jt akhir aku beli. setelah melihat di internet ternyata harga camera Nikon tersebut cuma Rp.1,175,000 dan temanku juga membeli merk yang sama ditempat lain ternyata harga Rp.1,2 jt.
Jadi kita harus tetap waspada dan harus konsisten apa yang akan kita beli setelah mengetahui harga pasaran yg sebenarnya. jangan sampai termakan bujuk rayu pedagang manapun…
Dan untuk para pedagang tinggalkan cara2 yang seperti itu mencari kesempatan pada kelengahan para pelanggan.

52. Anonymous - August 17, 2011

gue kena kejadian yg ampir sama bro. waktu cari kamera DSLR di ITC BSD. dari rumah udah fix mau beli yg Canon, terus nemu toko yg kasih harga lebih murah dari pasaran. tapi ni toko nawarin juga kamera Nikon yg prosumer. doi kasih demo, lebih bagus inilah itulah, zoom lebih gede, hasil foto lebih bagus segala macem. disangkanya gue gak ngerti kamera. tuh Nikon dia kasih harga 6,3 jt. tapi gue tetap ngotot mo beli si Canon. karena nggak kemakan tipuan dia, akhirnya dia bilang Canon-nya gak ada stok. jelas aja, dia gak bakal lepas tuh Canon di bawah harga pasaran. tuh Nikon akhirnya gue cek di web, harga pasaran cuma 3,5 jt. gileeee … mark up nya gak tanggung2 …. untung ane gak ketipu …

53. Anonymous - August 18, 2011

sama gan, ane ketipu juga..awal mau beli canon 550d dibujun beli d3100 katanya lebih bagus, akhirnya ane kena juga tuh beli nikon harganya 6,8 jt lebih mahal dr canon550d, bsoknya ane cek di internet harga barunya sekitar 5,2-5,5 jt, langsung aje ane datengin itu toko, gila dia gak mau terima komplain ane mereka bilang sah2 aja jual berapa juga.,,, tai bener tuh pedagang kamera di itc cempaka mas semuanya penjahat, mereka bilang toko saya ada bnyk disini.. ternyata modus operandinya sama semua jahanam sedih deh ane…

54. Joe - August 18, 2011

Bagi yang butuh informasi, seputar electronic, silahkan add No PIN BB saya 26a3ceec, saya akan membantu memberikan informasi semampu saya, semoga bisa membantu…

55. Irfan Ahmad - September 11, 2011

yang sabar ya kalian smua……..!!!!!!!!!

56. MMA Indonesia - September 17, 2011

1 Sabar2 ya gan.

Memang dunia perdagangan ya seperti itu, sudah dr jaman alkitab, tdk berubah. Penjual ingin untung sebesar besar nya dan terutama di market yg seperti ini si penjual tdk merasa perlu menjalin hubungan baik. Karena biasanya si pembeli cuma beli sekali aja dan jarang yg balik lg (low chance of repeat customer).

Tips dr saya:
tentukan apa yg anda mau beli SEBELUM datang ke toko, dan apapun yg terjadi jgn tergoda utk membeli yg lain.

Kl anda masih ga yakin apa yg mau dibeli (masih cari2 info) mendingan pergi ke dealer resmi atau toko2 yg harganya udah fix. Jgn pergi ke”pasar” sperti ITC.

Inget ya gan. In general, penjual ga peduli ttg pembeli KECUALI ada peluang untuk profit di masa depan.

57. user - September 22, 2011

Thanks atas sharing pengalamannya.

58. Draze - October 14, 2011

Waw, Manteb bgt komeng2nya agan smua,,, Thx bgt tips2nya… kbetulan ane juga tadinya mau beli brg Elektronik di ITC CEMPAKA MAS, setelah liat2 informasi ini jadi OGAH beli brg elektronik dsana… Thx Gan… ^_^
tadinya sih pgn beli… Ipad, Speaker, coolpad, dan alat2 komputer yg lain… mending ke tempat lain dah yg bner2 gak ada tipu mnipu… ada rekomendasi?

59. Grondok - October 31, 2011

Lah TSnya aja yg bego ==
Kalo namanya pedagang mah halal aja, toh mungkin aja yang dia tau emang kek gitu

60. Anonymous - November 12, 2011

kalo beli barang elektronik di itc pasti mahal karena sewa kios mahal

61. dian - November 14, 2011

Kalau masalah harga , ngak ada tuh istilah tipu menipu , apalagi barang elektronik yang harganya cepat turun . Kemahalan atau kemurahan tetap saja bukan modus penipuan. tapi kalau masalah kualitas kerusakan atau cacat yg ditutup tutupi ..nah itu baru namanya penipuan apalagi barang BM dibilang Resmi , Barang bekas dibilang Baru ..itu barulah namanya penipuan.

Orang mau ambil untuk ratusan persenpun ngak ada masalah selama tidak ada paksaan dalam transaksi jual beli.

Yang perlu diperhatikan adalah kejelian mengetahui harga resminya sebelum mengambil keputusan dalam melakukan transaksi. Kadang di dealer resmi harganya memang lebih mahal karena untuk menjaga harga di tingkat reseller. Tapi kalau barang langka bahkan di dealer resminya saja kosong , bisa saja harga naik jauh lebih tinggi apalagi kalau peminatnya banyak.

62. mions - November 27, 2011

lu ja yang bego mau gw tipu hahahahhahaaha

63. Teliti Sebelum Beli - November 28, 2011

Dari cerita diatas sebenarnya itu bukan kriteria penipuan, itu lebih tepat pembeli yang kurang jeli memilih barang dan toko. Memang kadang kita itu malas , makanya istilah malu bertanya sesat di jalan. Tidak hanya elektronik, tetapi sayur di pasar pun akan sama terjadi.

Jangankan di toko, saya pernah beda harga cukup jauh selisih 20% antara caref*** lebih mahal untuk elektronik dengan di glodok. Dan di claim ke caref*** harus beli barang yang sama
rugi lebih besar malah.

Advice sebelum membeli :
1. Cari info dari brosur, teman dan referensi
2. Tanya apakah ada promo ? terkadang tidak semua toko memiliki promo
3. Tanya ke lebih dari 1 toko.

salam

64. bledex - December 12, 2011

sama gue jg d tpu habis2an d toko kamera itc cempaka mas, gue mau bli handycam sony harganya skitar 6,5 jutaan, tp di blg camera sony jelek layarnya gampang rusak, di nyaranin bli handycam merk samsung ktny akeluaran terbaru dan mash diskon, di nawaran harga 5,9 gue seneng2 aja tak kirain bagus bneran dan harganya lebih murah dr merk sony, waktu itu mau lihat d internet lwat hp tp sialnya sinyalnya putus2 jd gak bs, langsung aja gue bayar krn waktu itu istri sy jg udah suka krn d rayu trus,…,sp rumah gue cek d internet brengsek…. bener… gue d tipu abis abisan harga handycam itu ternyata cuma 2,2 jt,…, otomtis dahhh muka gue langsung merah…. marahhhhhh ( nama tokonya NEX lt 4 blog G No.487 ) sy sarankan mohon bagi anda yg belanja d toko ini berhati2, thk…..

65. Anonymous - December 30, 2011

Sama bro… kmaren (28/12/2011) gw habis beli kamera Nikon D3100 di toko CAMERA HOME, mall atrium, kalo gk salah lt.3. Strategi yg mereka pakai, mereka jual kamera dengan harga bersaing, gw cross check di internet harga pasaran 4,7 jt (bundling kit lensa non VR) n mereka nawarin dengan harga 4,5 jt. Otomotis gw gk pikir panjanglah langsung gw okein aja, nah ternyata abis itu baru deh gw kena dikerjain.. Mereka nawarin aksesoris kyk filter lensa, memory card, screen protector, n tas kamera….. Yang bikin gw keki gw ditawarin filter lensa merk kenko UV 52mm dengan harga “tembak” Rp. 250 ribu, pas gw sampe rumah gw browsing ternyata harganya cuma 50 rebu……. memory card harga 78.000, ditembak 150 ribu….. keki gw….pinter dia jualannya, murahin harga barang yg konsumen udah tau pasarannya lalu ngengetok kita lewat aksesoris yg kita gk tau brapa pasarannya…. Salut gw sama trik jual (nipu) nya….. Shit happen!!!

66. Reno - January 2, 2012

Ikut tambahin broo..
Pokoknya gw jg salah satu orang yang kecewa juga dengan toko di ITC Cempaka Mas.
Gw beli BB Gemini di toko I-Con lt V Blok J, cm dlm waktu 2 mingg tuh BB udah “hang”.
Saat dikomplain ktnya hrs tunggu 2 mgg penjemputan, kalau mau cepat bisa langsung ke tpt garansi nya..
Singkatnya itu BB gw bawa bolak balik ke Garansi (Bless) 4 kali dalam waktu 3 bulan, biaya yang dikeluarin utk akomodasi adalah Rp 200rb.
Dan sekarang barang sudah bs dipakai lagi tapi i-mei dihandsetnya beda dengan di box…
Cape dehhhhhhhhh…..

67. Anonymous - January 2, 2012

Selisih harga menurut gw, wajar bisa saja terjadi…
tapi klo karena selisih harga terus dibilang penipu….
berarti semua pedagang, penawar jasa kyak dokter dan sebagainya adalah penipu..
NB : hati2 ya klo ke Rumah Sakit…
hati2 diketok….
mending ke bidan ma klinik..
harga lebih murah…

68. somed - January 2, 2012

g beli baterai grip BG E8 di Toko Camzone dapatnya barang B.M.
g cek di mangga dua harganya selisih jauh,,murah dari HONGKONG…

69. davilla - January 2, 2012

kog kayak pedagangnya jualan pake pistol ngacung kekepala konsumen
terus paksain beli barang yang dia tawar ya???
inikah yang dinamakan mengaku akan kebodohan sendiri

70. ahmad - January 10, 2012

Sama bro… kmaren (28/12/2011) gw habis beli kamera Nikon D3100 di toko CAMERA HOME, mall atrium, kalo gk salah lt.3. Strategi yg mereka pakai, mereka jual kamera dengan harga bersaing, gw cross check di internet harga pasaran 4,7 jt (bundling kit lensa non VR) n mereka nawarin dengan harga 4,5 jt. Otomotis gw gk pikir panjanglah langsung gw okein aja, nah ternyata abis itu baru deh gw kena dikerjain.. Mereka nawarin aksesoris kyk filter lensa, memory card, screen protector, n tas kamera….. Yang bikin gw keki gw ditawarin filter lensa merk kenko UV 52mm dengan harga “tembak” Rp. 250 ribu, pas gw sampe rumah gw browsing ternyata harganya cuma 50 rebu……. memory card harga 78.000, ditembak 150 ribu….. keki gw….pinter dia jualannya, murahin harga barang yg konsumen udah tau
pasarannya lalu ngengetok kita lewat aksesoris yg kita gk tau brapa pasarannya…. Salut gw sama trik jual (nipu) nya….. Shit happen!!!

JUALINLAH BRO KE G…
ANE CEK HARGA DIMANA2 4,9JT GA SAMA APA2.. YANG 4,7JT GA ADA BARANG…
KE TKP DI ATRIUM ADANYA TINGGAL YANG VR 5,2JT
HITUNG2 PUNYA BRO 4,9JT DAH DAPAT UV MA MEMORY….

71. gondrong - January 12, 2012

hahahahaha…
bro ahmad,,,
itu mah pasti penjual juga yang sengaja mau rusakin nama toko org,
saingan yang dekat situ kali.
kemaren aja gw beli di fokus nusantara harga 4,9jt ga sama apa2..
Dia dapat 4,9jt dapat ACC masih bilang org jual mahal , bilang org nipu.
busuk banget hatinya. orang ga berimam tuh.
lagian barang juta2an mah selisih harga ratusan ribu itu wajar2 aja kali…
ga harus sampe segitunya.

72. amir - January 19, 2012

Hati Hati juga ma Fokus Nusantara, ane cek Card reader SSK di situ harganya 725rb
Gila…
Padahal pasaran cuma 200rb..

Hati Hati juga ma OKTAGON, klo cek harga mending ke toko2
Banyak barang ga stok(kosong) dimasukin ke websitenya dengan harga super murah…
sampe ga da yang bisa tandinginnya..

73. travis - January 26, 2012

Kalo semua cina brengsek gw gak setuju, banyak penjual china yang asik2, asal kita tau selanya , pasti si ngkoh ngasih harga paling minim, tentu kita harus tau dulu harga pasarannya berapa. orang pribumi juga banyak koq yang nipu, yang penting kita kembalikan semua ke diri kita masing2

74. wong deso - January 29, 2012

@Travis; Kalo itu mah kerjaan orang gila..
mungkin karena pernah kalah saing dalam jualan, trus bangkrut jadi stress n gila..
sekarang mengharapin org cin hilang dari muka bumi, dengan begitu dia pikir bisa jd penjual tanpa saingan…
saat itu mgkin dia bakal jadi org paling brengsek di dunia..

tapi pada akhirnya ga kesampean dan telan ludah sendiri…

75. rzf07 - March 10, 2012

ga recommended belanja di ITC cempaka mas, BANDIT SEMUA TUH GAN !!! ga hanya tukang elektronik, ampe tukang tas juga tukang jebak, sekali masuk dirayu2 susah cabut, kita pergi diajak ribut. Amit-amit gw balik ke itc cempaka mas.

76. Lian - March 13, 2012

niat mau k itc cpk mas minggu ini,,, liat postingan ini,, jd lbh AWARE yah,.. Alhamdulillah…

btw,,, jgn bawa2 etnis doooong,… gw jg cina,,, tapi pernah ketipu ama sesama cina.. secara, ssama manusia, ada yg jahat ada jg yg baik, ga bisa mengeneralisir gt dong broooo…, ga sedikit jg pribumi yg suka tipu-tipu.. jd ga ada hubungannya ama etnis,,, tuluuung,,, gw jengah banget kalo udh bawa2 etnis,, secara gw lahir+gede+mati jg maunya disini,,

77. Fariz - March 15, 2012

sekedar Tips aja,

-Sebelum beli mending di cek dulu beberapa hari atau bulan sebelum kita beli barang tsb apa lagi barang elektronik. bandingin harga, kualitas, merek, pelayanan konsumen dengan merek lain matang2 jauh2 hari sebelum membeli. coba lakukan perbandingan dengan yang ahli usahakan orang yang terdekat.

-belilah di importir resmi seperti datascript dll, karena biasanya lebih murah dan terjamin garansinya, dibanding barang BM yang ngga jelas garansinya. karena kalau garansi jelas, harga jual juga naik. selain itu akan mudah nantinya kalau kita kena problem dengan barang tsb.

thx moga bermanfaat

78. ella - March 29, 2012

Info dong mengenai hadiah yang dengan cara menggosok hologram, bener ga sih dengan hanya memperlihatkan uang 8 jt, trus gosok hologram walaupun isinya kosong, kita dapat uang 25 jt dikurangi uang yg 8 jt

79. Cyber City Indonesia - May 9, 2012

Tips jika beli barang apapun (mulai dari elektronik sampai sandal jepit) :
1. Cari tahu informasinya (plus, minus, vs barang lain) … kan ada internet … ada facebook, ada twitter … info buanyaaak …
2. Beli di toko resmi (harga pasti harga standar … belum tentu lebih murah kecuali ada promo diskon, mis di Carrefour, Hypermart dll). Apalagi beli barang yg harganya jutaan hingga puluhan juta … “Jangan pernah beli barang mahal di toko bukan resmi” itu semboyan saya.
3. Jika berharap harga murah di toko bukan resmi, siap2 dg kejadian yg dialami agan2 di atas : harga bisa dimahalin, dapet barang defect, diberi barang bm, kena jebak barang palsu dll.
4. Beli via online juga beresiko ditipu, meskipun banyak juga yg jualan jujur dan harga online kompetitif (krn ga perlu bayar sewa ruko dll), mis saya sering kunjungi http://www.glodokshop.com. Pokoknya bukan asal jualan online, tapi ada juga letaknya yg jelas di muka bumi.

Tips lain yg manjur adalah : buat apa beli, jika bisa minjem :-)
(hematlah duit agan2 sekalian, ditabung buat hari tua)

80. wawa - June 16, 2012

sekedar berbagi pengalaman saja.. toko zoom emank penipu gw mau beli kamera canon sx40 karena bujuk rayu dia bilang kamera itu kualitasnya sangat jelek. dia menawarkan kamera NIKON L810 harga 4 juta.. dan setelh saya cek harga di internet hanya 2 jt. GW KECEWA BERAT DENGAN PENJUALAN DI TOKO ZOOM. PENIPU SEMUA ISINYA.

81. s1n6a - July 18, 2012

Kalo pengalaman Gw terkait dengan Printer.
Asli, gw nyesel Beli Printer dan sekalian diInfus di Indorefill ITC Cempaka Mas karena:
1. Catridge Asli gak dikasih,
2. Umur Infusan cuma 6 Bulan,
3. Begitu service gak dikerjain dan gak dikasih kabar.
4. Hasil Akhir printer gw rusak total karena koslet kebanjiran tinta dan gak bisa dipake

82. alfin_kalarana - July 23, 2012

bkn cuma alat alat elecktronik…tmn gw ketipu ama sekumpulan cewe’cowo berpakain rapi di bagian pintu masuk selatan itc cempaka mas deket kontak lensa ma penjual seprei,yg sring lewat sana pasti uda taula..gini ne,tmn gw dinawarin sm orang2 situ sebungkus kado kecil katanya gratis,nah tmn gw mau aja, gratis booo
trz tmn gw dibawa ketempatnya nyruh bukain kadonya, tebak apa isinya coba? softener soklin sachet!!!bis tuh milih kupon,tmn gw dapet home teater katanya seharga rp 9.500.000.tapi daftarin dulu namanya seharga 50.000 buat kepusat..bego tmn gw mau2 aj,btw home teater g gratis lg,ngebayar setengahnya jd kaya diskon deh..tmn gw g sangguplah,dy nolak..eh krn nolak disuruh milih kupon lagi,dapet ni bonus potongan harga barang elektronik 800rb dmn aja selama 2 taon.tmn gw seneng bgt,lagi2 diminta duit 100rb buat konfirmasi kepusat,tmn gw mauuuuu lg.tmn gw pulang ma kertas bt bukti potongan harga.mpe rumah baru nyadar ud dibego2in.
gw ke itc ko masih ada tuh orang2 pada nawar kepengunjung..gila pasti byk korbannya,pengen ngelaporin tp mau ngumpulin bukti2 dulu nehh.

83. joonk - August 9, 2012

ajrittttt….ternyata byk bgt ya modus kaya gini….emg kebanyakan toko elektronik….
dan apes’a kmrn gw ketipu jg…sialan…
brg yg gw beli camcorder samsung smx-f70 yg dijual 2.725.000, yg ternyata pasaran’a 1.500.000an..gila ga tuw nipu’a…
awal’a gw pen beli camcorder jvc gz-e205 yg harga’a 2.550.000…eh kenalah gw dibujuk bwt beli tuw samsung dgn alasan lbh bagus,inilah,itulah….
dan hr ini gw samperin tuw toko’a di MALL AMBASADOR,nama toko’a JUMBO DIGITAL…(CATET & LIHAT BAIK2 TUW NAMA TOKO)
alhasil dgn emosi,ngomel2,gw pikir kalopun berantem2 dah sekalian tuw sm para penipu bkn pedagang lg nama’a..
akhir’a brg yg gw beli dihargain 2jt,dan dibalikin 725rb..gpp dah biarpun sbnr’a tetep aja gw ketipu 500rb…pen cepet2 keluar gw dr toko b**g**t itu….
*tips’a adalah mantepin hati dlm berbelanja brg yg emg bnr2 kita pengen dan kita ud tw harga pasaran’a..,jgn mw dibujuk bwt beli brg yg laen…
semoga bermanfaat…

84. ant - August 24, 2012

waaa iya nih ane sama temen ane juga pernah ketipu beli di nih Toko Focus. Temen ane beli kamera digital ane lupa merek apaan. Nah seteah ane kros cek anjir ternyata kemahalan tuh toko ngasih harga. itu pun udah ditawar sebelumnya. kalo ane beli MP3 Player, bangke bener dah gan garansi cuman 2 minggu. Begitu 2 minggu kelar beneran dah MP3 player ane udah ga bisa nyala lagi. Laen kali harus hati-hati nih kalo beli alat-alat elektronik.

85. giegie - September 12, 2012

waduh kl gitu ga aman dong ya beli baraang di itc cempaka mas terutama elektroniknya , baru aja saya mao beli dslr canon ,, ada rekomendasi gak untuk toko yg jual kamera atau elektronik lainnya yg hrgnya ga terlalu mahal jd ga ush susah nawar dan ga aa strech maupun cacat yg ditutup2i .. mksh

86. Anonymous - October 17, 2012

Aq juga pernah kena di cempaka mas, waktu itu aq ingin instal windows xp, eh q tinggal makan, laptop q di buka mesinnya di ganti dengan yang palsu dalamnya,
tega ya mereka bekerja dengan cara seperti itu, q bayar dan q tambahin uangnya, gak taunya mesin asli lapto q dah di tukar yang abal2…,pas q call katanya orang tersebut sudah pindah gak disitu lagi….

87. doni - October 31, 2012

gan apa benar ada toko di itc cempaka mas di lt 6
nama tokonya cempaka mandiri elektronik???
tolong post dnk??

88. rahma - November 3, 2012

kmrn gw jg baru kena tepu 700k pas beli camdig, dengan modus yg sama…
bajingan bgt itu yg jual. semoga mereka cepat2 di panggil Tuhan!
emg lebih aman beli elektronik di outlet atau distributor resmi, beda2 dikit gpp lah, yg penting gak kecewa!

89. abu - November 8, 2012

Hari ini gw beli kabel charger camdig gw ditoko zoom cempaka mas, dipatok harga 130rebu. Nyampe rmh gw cerita ma laki gw, ya ampuuun ternyata harga benerannya cuma 10rebu doaaaang, karena cuma kabel doang. Gw nangis dong!!!!
Tapi setelah baca postingan agan2 disini, gw Ĵαϑϊ Ъќ ngerasa bego2 amat. Ternyata emang mereka Чαπƍ jahat.
Semoga mereka mendapat balasan Чαπƍ setimpal….

90. kkim77 - December 24, 2012

kalo masalah kemahalan harganya itu sih suka2 tokonya emang, jadi pembeli emg musti survey dulu, apalagi sekarang ada google.

91. enzie - December 26, 2012

di ITC Depok juga gitu, modusnya persis sama, gw beli handycam di Family Electronic, kena getok 2 jt. Kontan aja gw emosi, bsok gw balik lagi kesana komplain atas aksi tipu2 pelayannya. Walau sempat bersitegang akhirnya gw bisa tuker lagi tuh handycam dengan handycam Sony DCR PJ6 yang dari semula memang pengen gw beli.

92. lala - January 11, 2013

w jg sering bgt ketipu beli barang elektronik, tp skrg w udah tau solusinya
1. minicompo di glodok
pengen beli politron. udah deal harga. eh ditawarin aico. harga lbh mahal dr polytron. katanya lebih bagus. di tes suaranya lebih kenceng. sampe rmh 2 bln rusak.
2. jam tangan di itc cempaka mas
4x beli jam tangan dg tipe berbeda ditipu di itc. semuanya dikasih harga 2x lipat dr harga normal
3. hp di itc cempaka mas
mu beli hp nokia malah dikasih hp cina dg spek lebih mantep n harga lbh tinggi, 2 bulan rusak.
4. mesin cuci sanken di jatinegara
selisih harga 500rb dr harga resmi. itu aja nawarny ampe 1 jam. tdx pgn bl LG. tp penjual kekeh bgsan sanken. tp harga lbh mahal.
skrg w udah kapok,solusi:
1. beli hp lgsg di counter resminya. biar ga ditawarin barang yg aneh2. harga sama.
2. beli elekronik di electronic city. cari time yg pas lg ada diskonan. sering kok pas even2 tertentu malah bisa lbh murah dr toko. suka dpt bonus lg. yg psti g bakal dibohongin. terutama tv lcd n camdig byk plhnx. kalopun ada yg lbh mrh paling selisihnya cuma 50rb.
3. beli perlengkapan dapur di pasar uler. toko leo. jual online jg dia
4. beli jam ori diinternet. tp lp alamatny. harga bisa separo dr harga itc. g pake nawar,lg.
5. beli furniture liat kisaran harga di sinarelecktric.com
sekian semoga membantu.. cuma pengalaman yg bisa bikin kita makin pintar..

93. mama faran - February 18, 2013

sama gw juga habis dikadalain sama toko focus di itc depok, awalnya niat beli camera canon yg gw da tahu harganya, eh sampe sana gw ditawari kamera nikon ls26, dengan berbagai cara tuh sales monyet nawarin gw, cerita panjang lebar soal kelebihannya dia buka harga 1,2 terus kalo beli sama memory 4gb dan anti gores di kasih diskon jad total semua 1,3jt dia bilang sih paketan, pas ampe rumah gw browsing ternyata tuh kamera harganya 750rb, apes gw, padahal biasanya tuh gw kalo mo beli apa apa pasti cari info dulu, biarin aja gw doain tuh sales muntah darah makan duit hasil ngadalin orang orang, nyari untung sih boleh aja asal jangan keterlaluan, inget bro hukum karma berlaku lho

94. Ebi - April 12, 2013

toko camzone itu bisa dipercaya ga??

95. Anonymous - April 23, 2013

Cari camera mending di toko yang ditunjuk dealernya dan lihat info garansinya. Misalnya, camera Canon oleh Datascript, Nikon oleh Alta. Untuk lebih aman, lihat terlebih dahulu spek dan harga pada internet, misalnya situs JP Kemang, Focus Nusantara, atau Camzone.

Jangan sekali kali membeli barang selain target yang sudah kita dipelajari. Peniipu selalu mengalihkan kita ke barang yang tidak kita ketahui.

Hampir semua pedagang, misalnya di Glodok Harco, Dusit Mangga Dua, Mangga Gua Mal, ITC Cempaka Mas, ITC Depok menerapkan cara berjualan dengan tipuan. Saya berhasil menghindarinya berkali kali tetapi kejeblos juga 1x ke got Dusit Mangga Dua Lt 2.

Jangan mencoba bertanya tanya tanpa bekal info dan mental yang kuat. Anda akan susah keluar dari toko itu. Entah pakai jin apa tuh!

96. azzkary - May 6, 2013

Permisi bro.sist..
DIJUAL CEPAT Handycam Sony DCR-SR60 Kabel lengkap.ada buku panduan..
Semua fitur berfungsi barang masih bagus.no lecet deh. harga 2jt
serius hub :081215466797

97. Harry Wijaya L (@iam_jayalexxlau) - May 10, 2013

g rasa si ga bisa salahin yang punya toko ya. kalo namana dagang ya begitu. dia lihat ni org ga tau barang ya dikasih mahal. itu si menurut g wajar. kecuali barang palsu atau bekas tapi mereka jual baru itu baru mereka salah. kalo harga normal dia jual harga tinggi ga masalah. skrg gini aja, kalo kalian pedagang modal dagangan anda 10rb dan dijual 11rb aja untung 1rb dan jika ada pembeli kalian jual aja 11rb, itu namana pedangan ga pinter. ga bisa cari untung lebih. di itc roxy ada berjutajuta tk hape. setiap toko punya harga jual masing masing, 1 toko bisa jual bb 8520 1 jt, 1 toko bisa yang ngebet jual 1.3jt. so what its different ?
g beli bb torch 1 diselular shop 4jt cash garansi selular shop(erafone 3.7jt garansi tam) , teman g beli bb torch 1 jua dgn warna yang sama hanya ditoko yang biasa di itc ce-mas jua hanya 3.3jt garansi tam. terus g mau bilang selular shop penipu dan tukang getok? ngak jua kali. yang penting kita happy dgn barang pilihan kita dan keputusan kita beli dimana.
saran g lain kali kalo mau pos berita seperti ini, hati hatilah, merusak nama baik toko orang. ga bagus

98. pulu - May 16, 2013

hahahahayyyyy….saya ketipu 7 jtan….sabar dan shalat…..semua ada masanya

99. ash - May 25, 2013

wah,….sekarang di cikarang depan spbu terminal baru cikarang udah ada juga tuh namanya AJM jual merk COTY

100. Anonymous - May 31, 2013

Saya pernah ketipu beli kaset game di lantai akhir harganya mahal banget pas saya coba di rumah gak bisa di rumah temen juga gak bisa . hati hati jangan ada yang kena lagi seperti saya ya

101. user friendly - June 2, 2013

ada toko komputer dan kamera tuh di itc cempaka mas lantai 6 cek aja webnya di http://www.itcempaka.com , bisa kredit dan cash , toko komputer di seberang service centre hp mito / sebelah asia phone harga ok unutk kamera

102. Sita - June 5, 2013

Ternyata kejadian serupa dialami sama sis n bro…, saya dulu juga sempat terkena modus yang sama ketika ingin membeli kamera canon saya malah ditawari camera olympus yang menurut si penjual lebih bagus dari camera yang akan saya beli, dan ternyata setelah saya beli, saya cek di internet harga camera olympus ditoko tersebut jauh lebih mahal dan memiliki kualitas dibawah canon yang akan saya beli, hanya penjualnya bertempat di mall ambasador saat itu kesalnya bukan main..apa lagi mereka tidak mau menukar kamera tersebut. Hanya sharing saja mungkin bisa jadi solusi supaya tidak mengalami kejadian seprti ini lagi, sebaiknya membeli barang elektronik ditoko yang sudah terpercaya atau di supermarket besar. Kemarin saya beli kulkas di care4 seharga 2.1 juta merek toshiba glacio 7 ternyata ipar saya membeli barang yang sama seharga 2.6 juta ditoko elektronik dekat rumahnya. Pedagang tetaplah pedagang mereka mau mencari untung, walaupun terkadang dilakukan dengan trik2 yang membuat kita merasa tertipu, dan bersikap seperti tak punya hati nurani, jadikita harus pintar menghadapinya. Jika memang mereka melakukan kecurangan, insya Allah uang yang mereka dapatkan tidak akan pernah membuat mereka bahagia di dunia maupun diakhirat.

103. Tita - June 10, 2013

untung gw cari2 info dulu menegnai camera, tadinya gw pengen beli camera di Zoom tp setelah baca di forum ternyata banyak penipuan, harus hati2 kali ya sob, thanks info semuanya

104. Orgteraniaya - June 18, 2013

Blacklist toko Camera n Zoom di itc cempaka mas, harga getok banget dengan iming2 harga paket gw kena getok harga selisih 500rb sm si william di toko Camera, oke mgkn ada yg komentar kesalahan konsumen yg ga cari info produk/harga tapi setidaknya pedagang yg jujur dan baik ga segitunya memanfaatkan konsumen dong? Selisih 50rb msh wajar lah ini selisih 500rb??? Duit gw cari jungkirbalik lo dgn gampangnya nipu gw, william kl lo baca tulisan ini inget Tuhan melihat dan smw perbuatan ada karmanya. Makan tu duit gw, 7 turunan gw sumpahin lo melarat bangsat

105. jaka - July 16, 2013

saya juga pernah beli batere bb di itc tokoknya namanya millenium apa gitu nyatanya palsu pas ane datengin yg punya namanya leo kagak ada. hati2 emang kalo belanja di sana. banyak tipu2. Saya bersaksi bener adanya cuma sy lupa minta kuitansinya aja. sklg lagi hati2 belanja elektronik hp dan aksesorisnya.

106. ijul - July 16, 2013

eh emang ati-ati beli di toko milenium itu yang punya namanya leo. kayaknya orang luar jakarta.

107. samsu - July 24, 2013

betul tuh toko kamera zoom jual barang dengan harga gak wajar!!!

gw korban juga beli disana, kamera seharga 1,2 dijual 5,5 jt!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

semoga gak ada korban lain..

bisakah silaporkan ke YLKI?? gimana caranya??

108. ryan - August 1, 2013

Gan mw nanya ni klo belii kamera di itc cempaka mas jln.jendral.suprapto,jakarta pusat namanya toko “CAMERIZE” pernah ada yang ketipu ga gan mohon infonya gue mw beli kamera disana canon eos 1100d IS…
infonya gan helppp

109. desigietz - August 12, 2013

@bro ryan : mau beli online ya bro? mending gak usah deh, yang dateng langsung aja banyak yg ketipu tuh, apalagi yang beli lewat online, belum tentu itu toko beneran ada di situ

110. frederik - September 11, 2013

Sama gw juga ketipu nih, modusnya memang begitu, jadi minggu lalu gw mau cari nikon dslr d3000 (ditawarin 3.3), eh ditawarin nikon l320 dengan dibumbui ini itu jadilah gw beli seharga 3,5 jt. sampe di rumah gw cek eh nyatanya itu barang lama dan harganya di internet sekitar 2,3 gile deh…, nih catet nama tokonya DUTA CAM

111. ronny p - September 12, 2013

saya jg mengalami hal yang sama. niat cari kamera dlsr canon 1100D eh ditawari kamea prosumer fujifilm hs25exr, seharga 5, 5 jt an, termasuk tas kamera, yang dihargai 500 rb an, dan pelindung lensa kenko, seharga 250 rb an. Pdhl harga pasaran nya kamera fujiflm hs 25exr sekitar 2,5 jt an. Saya terjebak di toko Exmor , ITC Cemas Lt 4, Blok A/6. Memang sebagai pembeli kita memang mesti survey harga dan barang dulu, sebelum memutuskan, dan jangan mau terbujuk rayu untk ganti produk.

112. jual tastas importas kw1 super premiumtas Branded - September 28, 2013

I’m not certain in which you are getting the data, although fantastic theme. I must invest some time examining more as well as knowing much more. Appreciate your wonderful details I’d been in search of this info in my mission.

113. JEF IMAM - October 6, 2013

mendingan beli2 elektronik di toko langgganan referensi dari forum2 atau carrefour / Giant / EC / ES… memang lebih mahal dikit tapi harganya PASTI gak nepu2

114. hao - November 5, 2013

Gw jg pernah kena tipu…cuma modusnya laen.wkt itu gw beli charger portable,gw kira barang yg dicoba ama barang yg pembeli ambilin bwt gw jenisnya sama.eh ternyata pas sampe rumah jenis barangnya laen,pokonya bikin kapok bgt deh…. dan akhirnya tu barang ga kepake

115. ekodwivandi - November 28, 2013

Pada Bego Aja klean yng pada komplen…!!!
Namanya dagang wajarlah dia buka harga …
Pada skolah sih lou pada….
Asal maen komplen aja,tpi klau brangy rusak saat pembelian,bru komplen.
.

116. rob - December 2, 2013

teknik dagang dan teknik menipu itu jelas berbeda. para pelaku tindakan seperti yang diceritakan diatas jelas menipu karena adanya unsur memanfaatkan dan memanipulasi (berkata tidak benar/ merubah fakta) ketidak tahuan orang awam dan atau memanfaatkan kelemahan psikologis calon pembeli

contoh kasus yang diceritakan: “dengan bujukan kalo panasonic lebih inilah itulah.”. pembeli di-imingi kualitas barang yang lebih bagus/ baik dari barang yang di inginkan pembeli. dengan harga yang lebih mahal dari barang semula yang akan dibeli.

setelah transaksi terjadi, ternyata barang/ benda yang sudah dibayarkan oleh pembeli ternyata tidak seperti yang dimaksudkan oleh penjual. kualitasnya dibawah barang/ benda awal yang akan dibeli. jelas disini penjual berkata bohong, tidak benar, memanipulasi ketidak-tahuan calon pembeli dan memanfaatkan sepenuhnya untuk kepentingan si penjual. dalam hal ini, penjual melakukan teknik menipu dalam berdagang.

selama barang hasil transaksi tadi masih bisa dikembalikan dengan kondisi tanpa ada yang berubah satu pasal/ hal pun dari barang semenjak dibeli/ seperti kondisi di awal pembelian/ tidak rusak/ berubah karena modifikasi maka pengembalian hak dan kewajiban antara pembeli dan penjual seperti sediakala sebelum transaksi terjadi, normalnya tidak akan jadi masalah…karena penjual memberikan barang yang tidak sesuai dengan deskripsi kepada pembeli.

yang meresahkan bahkan sampai mengganggu adalah jika ada penjual yang menghambat atau bahkan sampai menolak pengembalian barang dengan dalih apapun. semoga pihak penjual yang diceritakn disini cuma melakukan “ketidak-sengajaan” bukan “penipuan”

BERHATI-HATI SEBELUM MEMBELI SANGAT DISARANKAN…PEDAGANG-PEDAGANG YANG TIDAK MEMAHAMI SYARIAH DAGANG SEMAKIN BERTUMBUH…

PEMAHAMAN DAN PENGETAHUAN PRODUK YANG AKAN DIBELI MENENTUKAN KENYAMANAN BERBELANJA PRODUK YANG ANDA INGINKAN…

ATAS DASAR KEKURANGPAHAMAN KITA AKAN DETIL SUATU BARANG/ PRODUK YANG AKAN KITA BELI SERING DIJADIKAN TAMENG BAHKAN BAHAN TERTAWAAN PEDAGANG-PEDAGANG DENGAN TEKNIK MENIPU DAN MEREKA TIDAK AKAN MAU DISEBUT PENIPU DAN AKAN MENGGUNAKAN BANYAK CARA UNTUK MEMBOLEHKAN/ MENJUSTIFIKASI PERILAKU TERSEBUT.

TIDAK HARUS MENUNDUK KEPADA PEMBELI TAPI HARGAI KAMI (PEMBELI) YANG SUDAH MENGHARGAI ANDA (PENJUAL) DENGAN KEJUJURAN.

AYO KITA BANGUN BUDAYA KONSUMEN CERDAS…KITA YANG AKAN MEMBERIKAN UANG KITA KEPADA MEREKA. PEMBELI TIDAK SEPENUHNYA RAJA KARENA DALAM ISLAM POSISI PENJUAL DAN PEMBELI SAMA DALAM HAK DAN KEWAJIBAN YAITU SAMA-SAMA BERHAK ATAS KEJUJURAN.

117. soujiro - December 6, 2013

duhh saya telat baca ni posting
dateng ke Zoom plasa semanggi
niatnya cari eos100D ( yg ini udah tau pasarannya 7.3jt) eh dia kasih harga 7 jt, lngsung gw seneng, gila dibawah harga pasaran, pikir gw

tp akhirnya dia ngegiring gw ke kamera lain eos 600D dia kasih harga 6.7, ya terus terang gw kan blum cek harga buat yg seri ini, setelah dijelasin bla-bla… dipraktekin jepret2… jadi tertarik juga, yaudah deal,

udah di jalan baru ngece internet tyt harga pasaran 6 juta pas *fuc*
udah sempet di-ikhlasin, cuma setelah di cek tu kamera ada lecet2 nya juga, jelas ini penipuan, kamera nya ngga baru,

Pesan Moral:

sebagai konsumen mesti kudu wajib cek referensi harga lewat internet (jaman gini bisa dibuka gampang lewat HP) even pas di depan penjualnya, apalagi klo dibelokin ke produk lain yg belum sempet kita cek harga nya

jadi sebagai pembeli tetep harus waspada, pyuhh

118. joko - December 30, 2013

wee, pada goblog aja gak ngecek harga dulu. Pake acara nyalahin ras lain. Makanya sekolah dulu yang pinter

119. aan - December 30, 2013

buat pelajaran bro..pengalaman mank guru yg sangat bijak..untk qta kdepan nya…saran ane sih..cek harga nya dulu dtmpt laen ato tnya tmn yg taw tntng elektronik..ato beli dtmpat resmi nya klo gk di careffur2 khan bnyak tuch dya jual2 brang elektronik nya yg pztie harga nya gk menipu..

120. Dentul - January 4, 2014

Hari gini digital internet sudah ada alam genggaman kenapa tidak dicek terlebih dahulu? Sebodo amat kalau dibilang Price Police karena itu hak konsumen.

Btw, modus ini sudah sering kok tapi juga ga bisa disalahkan karena konsumen sendiri yang terjebak dalam rayuan alias dalam keadaan sadar.

Btw, smua nama toko di atas yang disebutkan dalam komen hampir semuanya dalam 1 grup.

Mau beli elektronik? Googling dulu. Meski mungkin harganya beda beda tapi pasti ada dalam rentang yang sama. Untuk yang spesifik hobby seperti kamera, mending join dalam sebuah group foto apapun namanya. Jangan nanya merk A lebih baik dari merk B. bakalan panjang jawabannya. Langsung tanya, toko di bla bla bla bisa direkomendasikan ? Misalnya.

121. Jon - February 17, 2014

iTu mah Elu ja yg bego kenapa cek harga setelah beli Bukan sebelum beli begooooo wakakakakakakakak

122. unachan - March 14, 2014

makanya…jangan beli elektronik di toko biasa…hari gini banyak produk BM. Kalo mau beli handphone, belilah di sentra ponsel, okeshop, dll. Klo mau beli camera canon, samsung, olympus dll beli di elektronik city/solution, atau di gerai resminya masing2. Trus selalu googling dulu sebelum belim ya googling harga, tipe. Jgn mau kebujuk tawaran produk lain klo berangkatnya niatnya mo beli canon ya belilah canon. Kecuali anda jadi ragu, pulang aja dulu trus googling barang yg ditawar2in itu. Kelihatanny ribet? Daripada ketipu sejuta…
Gw ga pernah beli di toko biasa..walaupun cuman beli nokia yg harganya 200rb pun..belinya di sentra ponsel. Apalg klo udah harga jutaan..

123. gunturhs - May 12, 2014

Gw juga punya pengalaman buruk di ITC Cempaka Mas-Cempaka Putih:
Agan-agan, hati-hati kalo mau beli kamera atau barang elektronik lainnya di toko kamera “TOKO SMART” lt 4 di ITC Cempaka Mas-Cempaka Putih Jakarta Timur
(nih ane cantumin kartu namanya).
Berbagi Pengalaman dan mau share apa yg sudah terjadi ama ane.
Bener emang istilah kalimat ini, Penjual itu ada yang membantu memberikan solusi bagi pembelinya dan ada penjual yg “menyesatkan”.
Nah penjual yang menyesatkan ini yang berbahaya gan, ingin meraih keuntungan sebesar mungkin dengan menyesatkan bahkan menipu pembelinya.
Gw kebagian apesnya ketemu penjual yang menyesatkan, gw yakin penjual kaya begini ngga akan bertahan lama, karena sekali black list akan selamanya black list apalagi kalo udah di share di media social seperti KASKUS begini, hidup KASKUS..terimakasih KASKUS…
Gw emang udah berniat mau beli Kamera Canon EOS DSLR 600D kamera DSLR pertama yang akan gw beli, memang Canon 600D ini udah gw incer lama dan gw cari tau dulu spec dan segala halnya termasuk harga.
tanya-tanya ke temen yg udah pengalaman di photography dan searching-searching di embah google dan threat di KASKUS.
Udah beberapa toko elektronik yg udah gw datengin utk lihat phisik camera secara langsung dan bandingin harga, waktu itu niat mau ke pasar baru sekalian karena rumah lumayan jauh daerah Depok ya sudah lah mutusin beli dimana aja yang pentingkan harga dan specifikasinya udah gw pegang. Nah hari Senin, 05 Mei 2014 sampe dah nih gan ane di ITC Cempaka Mas-Cempaka Putih Jakarta, waktu itu emang sekalian jalan aja ngga berniat beli kamera.
Banyak juga yang jual elektronik di Cempaka Mas termasuk kamera, ya udah gw mampir ke salah satu Toko kamera di lt 4 (Toko Smart).
Ane langsung tanya kamera DSLR Canon 600D, karena ane udah cari tahu sebelumnya, harga masuk gan, ngobrol kesono-kesini ama tuh penjual, terus ane di tawarin kamera Canon Kiss X50 nih kamera dari Jepang langsung. Katanya si ngkoh ini jauh kebih bagus daripada Canon 600D dengan harga lebih mahal sedikit dari 600D,
Karena ane juga masih awam soal kamera DSLR baru pertama beli kamera DSLR kaya gini gan dan gencarnya dia nawarin Kiss X50, dia bertiga tuh nawarin ane dan akhirnya ane galau juga pilih mana.
Ane penasaran mau searching dulu di internet nih pake HP ane, apesnya Batere HP ane lowbat ane ga bisa buka internet dan telpon temen-temen.
Akhirnya ane putusin beli Canon Kiss X50 itu meski harga lebih mahal dari 600D, dia jual Rp 5.600.000,-
Sampe di rumah ane searching cari tau Canon Kiss X50 itu, ane baru tahu kalo Kiss X50 itu sama dengan Canon 1100D versi eropa dan Indonesianya.
harga lebih murah dan kwalitas di bawah Canon 600D, ane langsung telepon besoknya tuh Toko Smart, ane mau tuker ganti atau balikin, tapi udah ngga bisa gan karena terkait dengan kartu Garansi dan prosedur toko katanya si ngkoh penjual itu.
Pelajarannya yang dapat di ambil adalah:
Untuk pembeli, kalo mau beli sesuatu BARANG APAPUN, tetap focus dengan tujuan awal apa yang kita mau beli tersebut jangan mudah terpancing oleh rayuan yang “menyesatkan” penjual yang ingin meraup keuntungan besar tanpa memperhatikan kerugian konsumen.
Untuk penjual, ingat media social saat ini sudah semakin banyak dan iklan berantai dari mulut ke mulut mudah tersebar kemana-mana, apabila penjual melakukan hal baik kepada pembeli atau melakukan hal yang menyesatkan kepada pembelinya saat ini akan mudah dan cepat di ketahui masyarat dan konsumen dan siap-siap toko Anda tidak akan di kunjungi konsumen lagi.
Selamat belajar gan dari kesalahan ane, semoga bermanfaat.

Terimakasih,

Salam sukses

124. Fadhil Parewangi - June 1, 2014

toko penipu seperti ini nih ya kalo di singapore pasti sudah masuk blacklist travel advice or department pariwisatanya sono. jadi wisatawan luar dan lokal terlindungi dari toko-toko nakal yang mengelola bisnis secara tidak sehat.

125. Rudy - June 24, 2014

Td gw baru aja dari ambas nyari xperia z2, di toko biasa ada yg nawarin 8jt – 8,5. Tapi pas dicek dikuncit samping ambas persis di pazia toko resmi 8jt. Bingung jadinya ditambah ada kurang kelengkapan dari earphone yg katanya udah gk masuk paketan. Emang kudu sabar klo belanja gadget ya sama observasi sana sini.

126. keder - July 4, 2014

itu mah lw yang bego,.udah tau ga tau harga malah belanja,.hadeh,.

127. Anonymous - July 7, 2014

ane saranin lw beli barang tuh d resmi ny az bro

128. siska - July 25, 2014

Sama kakak saya pernah ditipu disitu oleh NEW QUALITY Group

129. hÉndra - August 10, 2014

Namanya aja Asung..

Semua penjual chinese tuh brengsek, ga ada yg jujur, karena emang di agama mereka ga ada aturan & larangannya berjualan yg baik, harusnya di musnahin chinese” di indonesia

130. Anonymous - August 11, 2014

hati-hati di ITC cempaka mas pernah ada toko yg menjual dengan cara hipnotis keluarga saya pernah ada yang jadi korban.

131. balebeli - August 18, 2014

emang kudu hati-hati ya ternyata kalo beli2 barang di counter2 mall. Saya juga oernah ngalami “untungnya” hanya berupa modem yang tertukar dan bisa dikembalikan lagi isinya

132. adi - August 28, 2014

kalo ane ketepu 150 ribu doang gan, beli kabel data capdase buat iphone 4 ( Apple Store Mall Cibinong ), padahal harga nya cuma 100rb pas ane ngecek di toko online ( barang original ), sebenernya sih cuma 150rb tapi yg bikin kesel nya itu pedagang nga jujur ( blacklist deh ) penjual kayak gitu ( anggep amal aja dah )


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: